Bait-bait Aqidah yang Diiqrarkan oleh Al-Imam Al-Muzani[1] rahimahullah (Wafat: 264H)
-Risalah Syarhus Sunnah[2]

www.ilmusunnah.com

Al-Imam Al-Muzani rahimahullah berkata:

بسم الله الرحمن الرحيم عَصَمَنَا اللهُ وَإِياَّكُمْ بِالتَّقْوَى وَوَفَّقَنَا وَإِياَّكُمْ لِمُوَافَقَةِ الْهُدَى

“Dengan nama Allah Ar-Rahmaan dan Ar-Rahiim. Semoga Allah menjaga kami dan kalian dengan ketaqwaan, dan memberi taufiq kepada kami dan kalian agar berjalan seiring dengan hidayah.

[Pendahuluan Penulis]

أَمَّا بَعْدُ

Amma ba’du.”

فَإِنَّكَ أَصْلَحَكَ اللهُ سَأَلْتَنِي أَنْ أُوْضِحَ لَكَ مِنَ السُّنَّةِ أَمْرًا تُصَبِّرُ نَفْسَكَ عَلَى التَّمَسُّكِ بِهِ وَتَدْرَأُ بِهِ عَنْكَ شُبَهَ اْلأَقَاوِيْلِ وَزَيْغَ مُحْدَثاَتِ الضَّالِّيْنَ وَقَدْ شَرَحْتُ لَكَ مِنْهَاجًا مُوْضِحًا مُنِيْرًا لَمْ آلُ نَفْسِيْ وَإِياَّكَ فِيْهِ نُصْحًا بَدَأْتُ فِيْهِ بِحَمْدِ اللهِ ذِي الرُّشْدِ وَالتَّسْدِيْدِ

“Kerana sesungguhnya engkau [semoga Allah memperbaiki keadaan engkau] telah meminta kepadaku agar menjelaskan As-Sunnah kepada engkau dengan penjelasan yang akan membuat jiwamu bersabar dalam berpegang-teguh dengannya, yang dengan penjelasan tersebut akan dapat menolak pelbagai syubhat terhadapmu dari perkataan-perkataan dan penyimpangan orang-orang sesat yang mengada-adakan perkara-perkara baru (dalam agama – pent.). Sungguh aku telah menjelaskan dengan manhaj yang jelas [lagi terang] sebagai bentuk nasihat bagi diriku dan dirimu.”

Padanya aku memulainya dengan pujian kepada Allah Yang Maha Memiliki Petunjuk dan Peneguhan (di atas kebenaran).”

[Khuthbah Hajat]

الْحَمْدُ لِلّهِ أَحَقُّ مَنْ ذُكِرَ وَأَوْلَى مَنْ شُكِرَ وَعَلَيْهِ أُثْنِي

“Segala puji hanya milik Allah Yang Paling berhak untuk diingati, Yang Paling Utama untuk disyukuri. Hanya kepada-Nya aku memberi segala sanjungan.

[Penetapan Nama dan Sifat Allah]

الْوَاحِدُ الصَّمَدُ الَّذِي لَيْسَ لَهُ صَاحِبَةٌ وَلاَ وَلَد جَلَّ عَنِ الْمَثِيْلِ فَلاَ شَبِيْهَ لَهُ وَلاَ عَدِيْلَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ الْعَلِيْمُ الْخَبِيْرُ اْلمنِيْعُ الرَّفِيْعُ

“Yang Maha Esa lagi Maha Shomad [Yang berdiri dengan sendiri-Nya, sempurna dalam Dzat-Nya, tempat bergantung segala makhluk]. Yang tidak memiliki isteri tidak pula anak, Maha Agung dari dipermisalkan. Maka, tiada yang serupa dengan-Nya, juga tiada padanan (terhadap-Nya), Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat, Yang Maha Berilmu lagi Maha Mengetahui, Yang Maha Manii’ [mencegah, menahan], lagi Maha Tinggi.”

[Sifat Ketinggian dan Kedekatan Allah]

عَالٍ عَلَى عَرْشِهِ فِي مَجْدِهِ بِذَاتِهِ وَهُوَ دَانٍ بِعِلْمِهِ مِنْ خَلْقِهِ

“Maha Tinggi Allah di atas ‘Arasy-Nya pada keagungan-Nya dengan Dzat-Nya, dan Dia Maha Dekat dari makhluk-Nya dengan Ilmu-Nya.

[Keimanan Terhadap Taqdir]

أَحَاطَ عِلْمُهُ بِاْلأُمُوْرِ وَأَنْفَذَ فِي خَلْقِهِ سَابِقَ الْمَقْدُوْرِ وَهُوَ الْجَوَّادُ الْغَفُوْرُ { يَعْلَمُ خَائِنَةَ اْلأَعْيُنِ وَمَا تُخْفِي الصُّدُوْرُ }

“Ilmu-Nya meliputi segala perkara. Dan tetap berlaku pada makhluk-Nya dari taqdir yang telah mendahului. Dan adalah Allah Maha Dermawan lagi Maha Mengampuni dan “Dia mengetahui pandangan-pandangan mata yang khianat dan segala sesuatu yang disembunyikan di dalam dada.” (Surah Ghafir, 40: 19).”

فَالْخلْقُ عَامِلُوْنَ بِسَابِقِ عِلْمِهِ وَنَافِذُوْنِ لِمَا خَلَقَهُمْ لَهُ مِنْ خَيْرٍ وَشَرٍّ لاَ يَمْلِكُوْنَ لِأَنْفُسِهِمْ مِنَ الطَّاعَةِ نَفْعًا وَلاَ يَجِدُوْنَ إِلَى صَرْفِ اْلمعْصِيَةِ عَنْهَا دَفْعًا

“Oleh kerana itu, para makhluk beramal berdasarkan ilmu-Nya yang telah mendahului, dan para makhluk itu melaksanakan segala sesuatu yang mereka diciptakan untuk hal itu, sama ada berupa kebaikan ataupun keburukan. Para makhluk itu tidak memiliki keupayaan meraih manfaat dari ketaatan, dan tidak pula mampu mendapatkan penghadang untuk menjauhkan maksiat dari diri-diri mereka.”

[Keimanan Terhadap Malaikat]

خَلَقَ الْخَلْقَ بِمَشِيْئَتِهِ عَنْ غَيْرِ حَاجَةٍ كَانَتْ بِهِ فَخَلَقَ اْلملاَئِكَةَ جَمِيْعًا لِطَاعَتِهِ وَجَبَلَهُمْ عَلَى عِبَادَتِهِ فَمِنْهُمْ مَلاَئِكَةٌ بِقُدْرَتِهِ لِلْعَرْشِ حَامِلُوْنَ وَطَائِفَةٌ مِنْهُمْ حَوْلَ عَرْشِهِ يُسَبِّحُوْنَ وَآخَرُوْنَ بِحَمْدِهِ يُقَدِّسُوْنَ وَاصْطَفَى مِنْهُمْ رُسُلاً إِلَى رُسُلِهِ وَبَعْضٌ مُدَبِّرُوْنَ لِأَمْرِهِ

“Dia menciptakan makhluk dengan kehendak-Nya tanpa memiliki keperluan sedikitpun terhadap mereka.”

Dia menciptakan seluruh Malaikat agar (malaikat) taat kepada-Nya, dan menjadikan tabiat mereka di atas peribadahan kepada-Nya. Oleh kerana itu, di antara mereka, ada malaikat-malaikat yang memikul ‘Arsy dengan kemampuan dari-Nya, sekelompok di antara mereka bersujud di sekitar ‘Arsy-Nya, sedang (malaikat) lain menyucikan Dia dengan memuji-Nya. Dia memilih beberapa utusan di antara mereka kepada rasul-Nya dan sebahagian lagi mengatur dengan perintah-Nya.”

[Penciptaan dan Ujian terhadap Adam]

ثُمَّ خَلَقَ آدَمَ بِيَدِهِ وَأَسْكَنَهُ جَنَّتَهُ وَقَبْلَ ذَلِكَ لِلْأرْضِ خَلَقَهُ وَنَهَاهُ عَنْ شَجَرَةٍ قَدْ نَفَذَ قَضَاؤُهُ عَلَيْهِ بِأَكْلِهَا ثُمَّ ابْتَلاَهُ بِمَا نَهَاهُ عَنْهُ مِنْهَا ثُمَّ سَلَّطَ عَلَيْهِ عَدُوَّهُ فَأَغْوَاهُ عَلَيْهَا وَجَعَلَ أَكْلَهُ لَهَا إِلَى اْلأَرْضِ سَبَبًا فَمَا وَجَدَ إِلَى تَرْكِ أَكْلِهَا سَبِيْلاً وَلاَ عَنْهُ لَهاَ مَذْهَبًا

“Kemudian, Dia menciptakan Adam dengan tangan-Nya dan menempatkan (Adam) di Syurga-Nya, yang sebelum demikian Dia (telah mentaqdirkan) menciptakannya untuk bumi. Dia telah melarang Adam dari sebatang pohon yang ketentuan-Nya telah pasti ke atas Adam bahawa (Adam) akan memakan (buah pohon) tersebut, lalu Dia menguji (Adam) dengan perkara yang telah Dia larang terhadap Adam. Selanjutnya Dia membuat musuh (Adam) berkuasa ke atas (Adam) lalu menyimpangkan (Adam), serta Dia menjadikan perihal (Adam) memakan (buah pohon) tersebut sebagai sebab diturunkannya Adam ke bumi, maka (Adam) tidak mendapatkan sedikit pun jalan untuk tidak memakan (buah pohon tersebut) dan tidak mendapatkan tempat untuk menghindar dari perkara itu.”

[Penciptaan Syurga dan Neraka, serta Amalan Penduduk Syurga dan Neraka]

ثُمَّ خَلَقَ لِلْجَنَّةِ مِنْ ذُرِّيَّتِهِ أَهْلاً فَهُمْ بِأَعْمَالِهَا بِمَشِيْئَتِهِ عَامِلُوْنَ وَبِقُدْرَتِهِ وَبِإِرَادَتِهِ يَنْفُذُوْنَ وَخَلَقَ مِنْ ذُرِّيَّتِهِ لِلنَّارِ أَهْلاً فَخَلَقَ لَهُمْ أَعْيُنًا لاَ يُبْصِرُوْنَ بِهَا وَآذَانًا لاَ يَسْمَعُوْنَ بِهَا وَقُلُوْبًا لاَ يَفْقَهُوْنَ بِهَا فَهُمْ بِذَلِكَ عَنِ الْهُدَى مَحْجُوْبُوْنَ وَبِأَعْمَالِ أَهْلِ النَّارِ بِسَابِقِ قَدَرِهِ يَعْمَلُوْنَ

“Kemudian, (Allah) telah menciptakan penghuni Syurga dari keturunan (Adam) maka mereka melakukan amalan-amalan mereka bersesuaian dengan kehendak-Nya, serta menjalani (hal tersebut) sesuai dengan qudrah dan keinginan-Nya.

Dan Allah telah menciptakan penghuni neraka dari keturunan (Adam) maka Dia menciptakan mata-mata untuk mereka yang tidak mereka gunakan untuk melihat, (menciptakan) telinga-telinga yang tidak mereka pakai untuk mendengar, dan (menciptakan) hati-hati yang tidak mereka gunakan untuk memahami (firman Allah), sehingga [dengan sebab itu] mereka terhalang dari hidayah dan berdasarkan taqdir-Nya yang terdahulu (yakni yang telah tertulis), mereka pun beramal dengan amalan-amalan penghuni neraka.”

[Penjelasan Tentang Iman]

وَالْإِيْمَانُ قَوْلٌ وَعَمَلٌ مَعَ اعْتِقَادِهِ بِالْجَناَنِ قَوْلٌ بِاللِّسَانِ وَعَمَلٌ بِالْجَوَارِحِ وَالْأَرْكَانِ وَهُمَا سَيَّانِ وَنِظَامَانِ وَقَرِيْنَانِ لاَ نُفَرِّقُ بَيْنَهُمَا لاَ إِيْمَانَ إِلاَّ بِعَمَلٍ وَلاَ عَمَلَ إِلاَّ بِإِيْمَانٍ وَالْمُؤْمِنُوْنَ فِي اْلإِيْمَانِ يَتَفَاضَلُوْنَ وَبِصَالِحِ الْأَعْمَالِ هُمْ مُتَزَايِدُوْنَ وَلاَ يَخْرُجُوْنَ باِلذُّنُوْبِ مِنَ اْلإِيْمَانِ وَلاَ يَكْفُرُوْنَ بِرُكُوْبِ كَبِيْرَةٍ وَلاَ عِصْيَانٍ وَلاَ نُوْجِبُ لِمُحْسِنِهِمُ الْجِناَنَ بَعْدَ مَنْ أَوْجَبَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلاَ نَشْهَدُ عَلَى مُسِيْئِهِمْ بِالنَّارِ

“Iman adalah perkataan dan amalan, bersama-sama dengan i’tiqad di dalam hati, (disertai dengan) ucapan oleh lisan dan amalan oleh anggota dan bagian tubuh. Keduanya sejalan, sesusunan, dan bergandingan. Kami tidak memisahkan antara keduanya; (yakni bermaksud) tidak ada iman melainkan dengan amalan, dan tidak pula ada amal melainkan dengan iman.

Kaum mukminin itu bertingkat-tingkat tahap keimanannya. Dan dengan amal yang soleh, iman bertambah. Mereka tidak keluar dari wilayah keimanan dengan sebab melakukan dosa-dosa, dan tidak pula menjadi kafir dengan sebab melakukan dosa besar dan maksiat.

Kami tidak memastikan Syurga bagi orang-orang baik di antara mereka setelah orang-orang yang Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam tetapkan Syurga baginya. Dan kami juga tidak mempersaksikan neraka terhadap orang yang berbuat buruk di antara mereka.”

[Keimanan Tentang Al-Qur’an]

وَالْقُرْآنُ كَلاَمُ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ وَمِنْ لَدُنْهُ وَلَيْسَ بِمَخْلُوْقٍ فَيَبِيْدُ

“Al-Quran adalah Kalaam Allah ‘Azza wa Jalla, dan dari sisi-Nya, bukan makhluk, sehingga dikatakan akan sirna.”

[Penetapan Sifat-Sifat Allah]

وَكَلِمَاتُ اللهِ وَقُدْرَةُ اللهِ وَنَعْتُهُ وَصِفَاتُهُ كَامِلاَتٌ غَيْرُ مَخْلُوْقَاتٍ دَائِمَاتٌ أَزَلِيَّاتٌ وَلَيْسَتْ بِمُحْدَثاَتٍ فَتَبِيْد وَلاَ كَانَ رَبُّنَا نَاقِصًا فَيَزِيْد

“Kalimat-kalimat Allah, Qudrah, perupaan serta Sifat-Sifat-Nya (semuanya) adalah sempurna bukan makhluk, kekal (abadi) dan terus menerus (azali tanpa batas masa), serta bukan perkara yang baru muncul sehingga disebut (bahawa perkara itu) akan sirna, dan Rabb kita tidaklah punya kekurangan, sehingga dikatakan (Rabb kita) memerlukan penambahan.”

[Menyucikan Allah dari Penyerupaan]

جَلَّتْ صِفَاتُهُ عَنْ شِبْهِ صِفَاتِ الْمَخْلُوْقِيْنَ وَقَصُرَتْ عَنْهُ فِطَنُ الْوَاصِفِيْنَ قَرِيْبٌ بِالْإِجَابَةِ عِنْدَ السُّؤَالِ بَعِيْدٌ بِالتَّعَزُّزِ لاَ يُناَلُ عَالٍ عَلَى عَرْشِهِ بَائِنٌ مِنْ خَلْقِهِ مَوْجُوْدٌ وَ لَيْسَ بِمَعْدُوْمٍ وَلاَ بِمَفْقُوْدٍ

“Maha Mulia Sifat-Sifat-Nya dari penyerupaan dengan sifat-sifat makhluk, dan amatlah pendek (yakni terbatas) kepandaian orang-orang untuk menyifati-Nya, Dia Maha Dekat untuk meng-ijabahkan (memperkenankan) di sisi orang yang memohon, Dia Maha Jauh dengan penuh keagungan, tidak terjangkau. Maha Tinggi di atas ‘Arsy-Nya, terpisah dengan makhluk-Nya. Maha Ada, bukan tiada, serta takkan lenyap.”

[Ajal Setiap Makhluk]

وَالْخَلْقُ مَيِّتُوْنَ بِآجَالِهِمْ عِنْدَ نَفَادِ أَرْزَاقِهِمْ وَانْقِطَاعِ آثاَرِهِمْ

“Para makhluk akan mati berdasarkan ajal-ajal mereka ketika rezeki-rezeki mereka telah habis dan jejak-jejak (kehidupan) mereka telah terputus.”

[Keimanan Terhadap Alam Kubur]

ثُمَّ هُمْ بَعْدَ الضَغْطَةِ فِي الْقُبْوُرِ مُسَاءَلُوْنَ

“Kemudian mereka setelah himpitan di dalam kubur akan dipertanyakan.”

[Keimanan Tentang Hari Kebangkitan dan Hisab]

وَبَعْدَ الْبِلَى مَنْشُوْرُوْنَ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ إِلَى رَبِّهِمْ مَحْشُوْرُوْنَ وَلَدَى الْعَرْضِ عَلَيْهِ مُحَاسَبُوْنَ بِحَضْرَةِ الْمَوَازِيْنِ وَنَشْرِ صُحُفِ الدَّوَاوِيْنَ أَحْصَاهُ اللهُ وَنَسُوْهُ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ خَمْسِيْنَ أَلْفَ سَنَةٍ لَوْ كَانَ غَيْرُ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ اْلحَاكِمُ بَيْنَ خَلْقِهِ لَكِنَّهُ اللهُ يَلِي الْحُكْمَ بَيْنَهُمْ بِعَدْلِهِ بِمِقْدَارِ اْلقَائِلَةِ فِي الدُّنْيَا وَهُوَ أَسْرَعُ الْحَاسِبِيْنَ كَمَا بَدَأَهُ لَهُمْ مِن ْشَقَاوَةٍ وَسَعَادَةٍ يَوْمَئِذٍ يَعُوْدُوْنَ فَرِيْقٌ فِي الْجَنَّةِ وَفَرِيْقٌ فِي السَّعِيْرِ

“Dan setelah hancur luluh mereka akan dibangkitkan, sedang pada hari kiamat mereka akan dikumpulkan kepada Rabb mereka. Setelah (amalan-amalan mereka) diperhadapkan (kepada mereka), mereka akan dihisab (yakni diaudit) dengan kehadiran timbangan-timbangan dan pembahagian kitab-kitab amalan yang telah dibukukan. Allah mengumpulkan (kitab amalan) itu dengan sangat terperinci, sedangkan mereka telah melupakan (kitab) tersebut. (dan hal itu terjadi) “Dalam suatu hari yang seukuran lima puluh ribu tahun (di dunia).” (Surah Al-Ma’aarij, 70: 4)

Seandainya bukan Allah ‘Azza wa Jalla yang menjadi hakim di antara para hamba-Nya (tentu tidak akan berlaku), tetapi Dialah Allah Yang menangani keputusan di antara mereka dengan keadilan-Nya selama ukuran waktu qailulah (yakni seukuran tidur sejenak ketika waktu siang) di dunia. “Dan adalah Allah Maha Cepat Perhitungannya.” (Surah Al-An’aam, 6: 62) sebagaimana Dia memulai (penciptaan) untuk mereka berupa kesengsaraan dan kebahagiaan. Maka, pada hari itu mereka dikembalikan. “Sebahagian masuk ke dalam Syurga, sedangkan sebahagian (yang lain ) masuk ke dalam Neraka yang menyala-nyala.” (Surah Asy-Syura, 42: 7).”

[Syurga dan Kenikmatannya]

  وَأَهْلُ الْجَنَّةِ يَوْمَئِذٍ فِي الْجَنَّةِ يَتَنَعَّمُوْنَ وَبِصُنُوْفِ اللَّذَّاتِ يَتَلَذَّذُوْنَ وَبِأَفْضَلِ الْكَرَامَاتِ يُحْبَرُوْنَ

“Penduduk Syurga pada hari itu bersenang-senang di dalam Syurga, berlazat-lazatan dengan pelbagai bentuk kelazatan dan penuh kegembiraan dengan kemuliaan-kemuliaan yang paling utama.”

فَهُمْ حِيْنَئِذٍ إِلَى رَبِّهِمْ يَنْظُرُوْنَ لاَ يُمَارُوْنَ فِي النَّظَرِ إِلَيْهِ وَلاَ يَشُكُّوْنَ فَوُجُوْهُهُمْ بِكَرَامَتِهِ نَاضِرَةٌ وَأَعْيُنُهُمْ بِفَضْلِهِ إِلَيْهِ نَاظِرَةٌ فِي نَعِيْمٍ دَائِمٍ مُقِيْمٍ وَ { لاَ يَمَسُّهُمْ فِيْهَا نَصَبٌ وَمَا هُمْ مِنْهَا بِمُخْرَجِيْنَ } أُكُلُهَا دَائِمٌ وَظِلُّهَا تِلْكَ عُقْبَى الَّذِينَ اتَّقَوْا وَعُقْبَى الْكَافِرِيْنَ النَّارَ

“Maka, ketika itu mereka melihat Rabb-nya. Mereka tidak terhalangi pada melihat kepada-Nya dan tidak pula bimbang. Wajah-Wajah mereka berseri-seri dengan kemuliaan dari-Nya dan mata-mata mereka melihat-Nya dengan keutamaan-Nya dalam kenikmatan yang kekal abadi selama-lamanya, dan “Mereka tidak merasa lelah di dalamnya dan sekali-kali mereka tidak dikeluarkan darinya.” (Surah Al-Hijr, 15: 48)

“Makanannya sentiasa ada (tidak putus), sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertaqwa; sedangkan tempat kesudahan bagi orang-orang kafir adalah Neraka.” (Surah Ar-Ra’d, 13: 35)

[Neraka dan Siksaannya]

{  وَأَهْلُ الْجَحْدِ { عَنْ رَبِّهِمْ يَوْمِئِذٍ لَمَحْجُوْبُوْنَ } وَفِي النَّارِ يُسْجَرُوْنَ { لَبِئْسَ مَا قَدَّمَتْ لَهُمْ أَنْفُسُهُمْ أَنْ سَخِطَ اللهُ عَلَيْهِمْ وَفِي اْلعَذَابِ هُمْ خَالِدُوْنَ } وَ { لاَ يُقْضَى عَلَيْهِمْ فَيَمُوْتُوا وَلاَ يُخَفَّفُ عَنْهُمْ مِنْ عَذَابِهَا كَذلِكَ نَجْزِي كُلَّ كَفُوْرٍ } الآية خَلاَ مَنْ شَاءَ اللهُ مِنَ الْمُوَحِّدِيْنَ إِخْرَاجَهُمْ مِنْهَا

“Dan ahlul jahd (yakni orang-orang yang membangkang dan menetang) “pada hari itu mereka akan terhalang dari (memandang) Rabb-nya.” (Surah Al-Muthaffifiin, 83: 15) “Mereka dibakar dalam api neraka.” (Surah Ghafir, 40: 72)

“Sesungguhnya amat buruklah apa-apa yang mereka sediakan untuk diri mereka, berupa kemurkaan Allah terhadap mereka; dan mereka akan kekal dalam seksaan.” (Surah Al-Ma’idah, 5: 80) “Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati, tidak pula diringankan adzabnya. Demikianlah Kami membalas setiap orang yang sangat kafir.” (Surah Fathir, 35: 36) Melainkan bagi siapa saja yang Allah kehendaki untuk dikeluarkan dari (neraka tersebut), dari kalangan orang-orang yang bertauhid.”

[Sikap terhadap Pemerintah]

وَالطَّاعَةُ لِأُولِي الْأَمْرِ فِيْمَا كَانَ عِنْدَ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ مَرْضِياًّ وَاجْتِنَابِ مَا كَانَ عِنْدَ اللهِ مُسْخِطًا. وَتَرْكُ الْخُرُوْجِ عِنْدَ تَعَدِّيْهِمْ وَجَوْرِهِمْ وَالتَّوْبَةِ إِلىَ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ كَيْمَا يَعْطِفُ بِهِمْ عَلَى رَعِيَّتِهِمْ

“Hendaklah taat kepada pemerintah dalam perkara yang diredhai di sisi Allah ‘Azza wa Jalla dan menjauhi perkara yang mendatangkan kemurkaan di sisi Allah, juga meninggalkan pemberontakan (melawan pemerintah) ketika pemerintah melampaui batas dan bertindak zalim.

Dan hendaklah bertaubat kepada Allah agar supaya Allah menjadikan pemerintah mereka (yang zalim) itu bersikap lemah-lembut kepada para rakyatnya.”

[Mengafirkan Kaum Muslimin dan Sikap terhadap Ahli Bid’ah]

وَالْإِمْسَاكُ عَنْ تَكْفِيرِ أَهْلِ الْقِبْلَةِ وَالْبَرَاءَةُ مِنْهُمْ فِيمَا أَحْدَثُوا مَا لَمْ يَبْتَدِعُوا ضَلَالَةً، فَمَنِ ابْتَدَعَ مِنْهُمْ ضَلَالَةً كَانَ عَنْ أَهْلِ الْقِبْلَةِ خَارِجًا وَمِنَ الدِّينِ مَارِقًا وَيُتَقَرَّبُ إِلَى اللَّهِ بِالْبَرَاءَةِ مِنْهُ، وَنَهْجُرُ وَنَتَجَنَّبُ غُرَّتَهُ فَهِيَ أَعْدَى مِنْ غِرَّةِ الْحَرْبِ

“Menahan diri dari mengkafirkan ahli qiblah (kaum muslimin); berbaraa’ (yakni berlepas diri) dari mereka pada apa-apa yang mereka ada-adakan sepanjang mereka tidak berbuat bid’ah yang berupa kesesatan. Oleh kerana itu, sesiapa yang berbuat bid’ah berupa kesesatan, orang tersebut telah keluar dari ahli qiblah dan keluar dari agama. Seseorang dapat bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah ‘Azza wa Jalla dengan berbaraa’ (yakni berlepas diri) dari mereka (yakni ahli bid’ah) tersebut serta meng-hajr (memboikot), menekan (atau menghentikan kesesatannya), dan menjauhi penyakit (baca: bid’ah) pelaku bid’ah tersebut kerana (bid’ah) itu lebih cepat menular berbanding penyakit kurap.”

[Keyakinan terhadap Para Shahabat radhiyallahu ‘anhum]

وَيُقَالُ بِفَضَّلِ خَلِيفَةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ أبي بكر الصديق رضي الله عنه فهو أفضل الخلق وأخيرهم بعد النبي صلى الله عليه وسلم ونثني بعده بالفاروق وهو بن الخطاب رضي الله عنه فَهُمَا وَزِيرَا رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَضَجِيعَاهُ في قبره، ونثلث بذي النورين عُثْمَانُ بن عفان رضي الله عنه ثم بذي الفضل والتقى عَلِيٌّ بن أبي طالب رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ أَجْمَعِينَ

ثُمَّ الْبَاقِينَ مِنَ الْعَشَرَةِ الَّذِينَ أَوْجَبَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْجَنَّةَ وَنخْلَصُ لِكُلِّ رَجُلٍ مِنْهُمْ مَنِ الْمَحَبَّةِ بِقَدْرِ الَّذِي أَوْجَبَ لَهُم رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ التَّفْضِيلِ ثُمَّ لِسَائِرِ أَصْحَابِهِ مِنْ بَعْدِهِمْ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ أَجْمَعِينَ،

وَيُقَالُ بِفَضْلِهِمْ، وَيُذْكَرُونَ بِمَحَاسِنِ أَفْعَالِهِمْ، وَنمْسَكُ عَنِ الْخَوْضِ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ فَهُمْ خِيَارُ أَهْلِ الْأَرْضِ بَعْدَ نَبِيِّهِمُ ارتَضارَهُمُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لنبيه وَخَلَقهُمْ أَنْصَارًا لِدِينِهِ فَهُمْ أَئِمَّةُ الدِّينِ وَأَعْلَامُ الْمُسْلِمِينَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ أَجْمَعِينَ

“Dan berpendapat akan keutamaan khalifah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam (iaitu) Abu Bakr Ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu, yang beliau adalah makhluk termulia dan terbaik setelah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Setelah beliau, kami menombor-duakan Al-Faaruuq, iaitu ‘Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu. Keduanya (Abu Bakr dan ‘Umar) adalah pembantu (menteri), dan merupakan teman pembaringan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam di kubur. Yang ketiganya adalah Dzunnurain, iaitu ‘Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu, kemudian ‘Ali bin Abi Thalib, yang memiliki keutamaan dan ketaqwaan, semoga Allah meredhai mereka semuanya.

Kemudian adalah sepuluh (sahabat) lain yang telah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam khabarkan Syurga bagi mereka. Kami memurnikan cinta kepada setiap orang di antara mereka tadi sebatas ukuran keutamaan yang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam wajibkan bagi mereka, kemudian bagi seluruh sahabat beliau setelah mereka tadi, semoga Allah meredhai mereka semua.

Dan yang ditegaskan keutamaan mereka, dan kami senantiasa menyebut dengan kebaikan-kebaikan perbuatan mereka, serta kami menahan diri dari melibatkan diri ke dalam perselisihan yang terjadi di antara mereka. Mereka adalah sebaik-baik penduduk bumi setelah Nabi mereka. Allah ‘Azza wa Jalla telah meredhai mereka sebagai para penolong agama-Nya. Oleh kerana itu, mereka adalah para imam agama dan tokoh-tokoh kaum muslimin, semoga Allah meredhai mereka semua.”

[Perlaksanaan Solat di Belakang Pemerintah dan Berjihad Bersama Mereka]

وَلَا نَتْرُكُ حُضُورَ صَلَاةِ الْجُمْعَةِ وَصَلَاتَهَا مَعَ بَرِّ هَذِهِ الْأُمَّةِ وَفَاجِرِهَا لازم مَا كَانَ مِنَ الْبِدْعَةِ بَرِيًّا، فإن ابتدع ضلالا فلا صلاة خلفه وَالْجِهَادُ مَعَ كُلِّ إِمَامٍ عَادِلٍ أَوْ جَائِرٍ وَالْحَجُّ

“Dan kami tidak meninggalkan dari menghadiri solat Juma’at dan suatu solat sama ada bersama orang yang baik mahupun orang yang fajir dari umat ini. Itu adalah suatu ketetapan selagi mana dia berlepas diri dari bid’ah. Oleh kerana itu, apabila (pemerintah) berbuat bid’ah yang menyesatkan, maka tidak boleh mengerjakan solat di belakang (pemerintah). Sementara itu, jihad (dilaksanakan) bersama setiap pemimpin, sama ada yang adil maupun yang jahat. (Demikian pula halnya) ibadah haji.”

[Tentang Qashar dan Puasa dalam Safar]

وَإِقْصَارُ الصَّلَاةِ فِي الْأَسْفَارِ والاِخْتِيَارِ فِيهِ بَيْنَ الصِّيَامِ وَالْإِفْطَارِ في الأسفار إن شاء صام وإن شاء أفطر

“Dan mengqashar (meringkas) solat pada waktu safar (perjalanan jauh). (Para musafir) boleh memilih antara berpuasa atau berbuka tatkala safar: Apabila dia mahu, dia boleh berpuasa, tetapi apabila dia mahu, dia juga boleh berbuka.”

[Nukilan Kesepakatan Ulama akan Penjelasan yang Telah Berlalu]

هَذِهِ مَقَالَاتٌ وأفعال اجْتَمَعَ عَلَيْهَا الْمَاضُونَ الْأَوَّلُونَ مِنْ أَئِمَّةِ الْهُدَى وَبِتَوْفِيقِ اللَّهِ اعْتَصَمَ بِهَا التَّابِعُونَ قُدْوَةً وَرِضَا وَجَانَبُوا التَّكَلُّفَ فِيمَا كَفُّوا فَسَدَّدُوا بِعَوْنِ اللَّهِ وَوُفِّقُوا لَمْ يَرْغَبُوا عَنْ الِاتِّبَاعِ فَيُقَصِّرُوا وَلَمْ يُجَاوِزُوهُ فَيَعْتَدُوا فَنَحْنُ بِاللَّهِ وَاثِقُونَ وَعَلَيْهِ مُتَوَكِّلُونَ وَإِلَيْهِ فِي اتِّبَاعِ آثَارِهِمْ رَاغِبُونَ

“Inilah pendapat-pendapat dan perbuatan-perbuatan yang telah disepakati oleh para imam, pemberi petunjuk yang telah lalu lagi terdahulu. Dengan taufiq dari Allah, orang-orang yang mengikut setelahnya berpegang-teguh dengan (kesepakatan) tersebut sebagai bentuk keteladanan dan keredhaan. Mereka menjauhi takalluf (yakni sikap memberat-beratkan atau membebani diri) terhadap hal-hal yang telah dicukupkan bagi mereka sehingga mereka pun menapaki jalan yang lurus dan mendapat taufiq dengan pertolongan dari Allah. Mereka tidak berpaling dari ittiba’ yang membuat mereka tergolong kurang, dan tidak pula mereka melampauinya yang menjadikan mereka bersikap melampau.

Maka, kami percaya sepenuhnya kepada Allah, dan semata kepada-Nya kami bertawakkal. Kami mengharap kepada-Nya dengan mengikuti atsar-atsar (jejak, keteladanan, dan jalan hidup para imam terdahulu).”

[Beberapa Akhlak Ahlus Sunnah dalam Menghiasi Diri]

فَهَذَا شَرْحُ السُّنَّةِ تَحَرَّيْتُ كَشْفَهَا وَأَوْضَحْتُهَا، فمن فَمَنْ وَفَّقَهُ اللَّهُ لِلْقِيَامِ بِمَا أَبَنْتُهُ مَعَ مَعُونَتِهِ لَهُ بِالْقِيَامِ عَلَى أَدَاءِ فَرَائِضِهِ بِالِاحْتِيَاطِ فِي النَّجَاسَاتِ وَإِسْبَاغِ الطِّهَارَاةِ عَلَى الطَّاعَاتِ وَأَدَاءِ الصَّلَوَاتِ عَلَى الِاسْتِطَاعَاتِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ عَلَى أَهْلِ الْجِدَاتِ وَالْحَجِّ عَلَى أَهْلِ الْجِدَةِ وَالِاسْتِطَاعَاتِ وَصِيَامِ شَهْرِ لِأَهْلِ الصِّحَّاتِ، وَخَمْسِ صَلَوَاتٍ سَنَّهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ من بعد الصلوات صَلَاةِ الْوَتْرِ فِي كُلِّ لَيْلَة. وَرَكْعَتَا الْفَجْرِ وَصَلَاةِ الْفِطْرِ وَالنَّحْرِ وَصَلَاةِ كُسُوفِ الشمس والقمر إذا نزل وَصَلَاةِ الِاسْتِسْقَاءِ متى وجب.

“Inilah Syarhus Sunnah yang dengan sangat saksama saya singkapkan dan betul-betul saya perjelaskan. Siapa saja yang Allah beri taufiq untuk berdiri teguh mengamalkan segala apa yang saya perjelaskan, berbekal pertolongan Allah dengan menegakkan perlaksanaan fardhu-fardhu-Nya, dengan berhati-hati dalam hal-hal najis: menyempurnakan thaharah (bersuci) di atas ketaatan, menunaikan solat-solat bersesuaian kemampuan, membayar zakat oleh orang-orang yang bekecukupan, (melaksanakan) ibadah haji atas orang yang memiliki kecukupan dan kemampuan, berpuasa sebulan bagi orang-orang yang sihat, serta (mengamalkan) lima solat yang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam sunnahkan [setelah solat yang fardhu], iaitu: (1) solat witir pada setiap malam, (2) dua rakaat fajar; (3) solat hari raya ‘Idul Fithri dan solat nahr (‘idul adh-ha), (4) solat gerhana matahari dan gerhana bulan apabila (gerhana) terjadi, (5) serta solat istisqaa’ (minta hujan) bila diwajibkan.”

[Beberapa Akhlak Ahlus Sunnah Dalam Menyucikan Diri]

وَاجْتِنَابِ الْمَحَارِمِ وَالِاحْتِرَازِ مِنَ النَّمِيمَةِ وَالْكَذِبِ وَالْغَيْبَةِ وَالْبَغْيِ بِغَيْرِ الْحَقِّ وَأَنْ يقال عَلَى اللَّهِ مَا لَا يَعْلَمُ، كُلُّ هَذِهِ كَبَائِرُ مُحَرَّمَاتٌ. وَالتَّحَرِّي فِي الْمَكَاسِبِ وَالْمَطَاعِمِ وَالْمَحَارِمِ وَالْمَشَارِبِ وَالْمَلَابِسِ وَاجْتِنَابِ الشَّهَوَاتِ فَإِنَّهَا دَاعِيَةٌ لِرُكُوبِ الْمُحَرَّمَاتِ. فَمَنْ رَعَى حَوْلَ الْحِمَى فَإِنَّهُ يُوشِكُ أَنْ يُوَاقِعَ فِي الْحِمَى

“Menjauhi hal-hal yang haram, serta meninggalkan namimah (yakni adu domba), dusta, ghibah (mengumpat), perbuatan zalim tanpa haq (kebenaran), dan berkata tentang agama Allah tanpa ilmu. Semua ini adalah dosa besar yang diharamkan.

Dan berhati-hati serta telitilah dalam hal pekerjaan, makanan, terhadap perkara-perkara yang diharamkan, minuman, dan pakaian, serta menjauhi segala bentuk syahwat, kerana perkara-perkara tersebut dapat mempengaruhi kepada suatu yang haram. Sesiapa yang mengembala di sekitar tanah terlarang, dia dikhuwatirkan terjerumus ke dalam (tanah larangan) tersebut.”

[Penutupan Penulis]

فَمَنْ رَعَى حَوْلَ الْحِمَى فَإِنَّهُ يُوشِكُ أَنْ يُوَاقِعَ فِي الْحِمَى فَمَنْ يُسِّرَ لِهَذَا فَإِنَّهُ مِنَ الدِّينِ عَلَى هُدَى وَمِنَ الرَّحْمَنِ عَلَى رَجَاءٍ. وَفَّقَنَا اللَّهُ وَإِيَّاكَ إِلَى سَبِيلِهِ الْأَقْوَمِ بِمَنِّهِ الْجَزِيلِ الْأَقْدَمِ وَجَلَالِهِ الْعَلِيِّ الْأَكْرَمِ وَالسَّلَامُ عليكم وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ وَعَلَى مَنْ قَرَأَ عَلَيْنَا السَّلَامَ وَلَا يَنَالُ سَلَامَ اللَّهِ الضَّالُّونَ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

“Sesiapa yang dipermudahkan untuk meraih perkara-perkara ini, benar-benar dia sedang berada dalam agama yang di atas petunjuk dan sangat diharapkan berada di atas kerahmatan.

Semoga Allah sentiasa memberi taufiq kepada kami dan kamu untuk menuju jalan-Nya yang lurus dengan kurnia-Nya yang sangat luas lagi terdahulu, dan dengan keagungan-Nya Yang Maha Tinggi lagi Maha Mulia.

Dan semoga segala keselamatan, rahmat Allah, dan berkah-Nya sentiasa dicurahkan kepada kalian dan kepada yang mengucapkan salam kepada kami. Dan tidaklah keselamatan dari Allah itu dapat dicapai oleh orang-orang yang sesat. Segala puji hanya bagi Allah, Rabb alam semesta.”

[Penutupan Periwayatan]

نجزت الرسالة بحمد الله ومنه وصلواته على محمد وآله وأصحابه وأزواجه الطاهرات وسلم كثيرا كثيرا

“Selesailah risalah ini dengan segala puji bagi Allah dan dengan kurunia-Nya. Semoga selawat-Nya selalu tercurah kepada Nabi Muhammad, pengikut, para sahabatnya dan isteri-istrinya yang suci, serta semoga salam-Nya (sentiasa tercurah) dengan keselamatan yang sangat banyak.”[3]



[1] Beliau adalah Abu Ibrahim Isma’iil bin Yahya Al-Muzani Al-Mishri rahimahullah (lahir: 175H, wafat: 264H). Beliau adalah salah seorang anak murid Al-Imam Asy-Syafi’i rahimahullah (Wafat: 204H) yang paling senior (utama). Beliau dikenal sebagai salah seorang ulama yang sedikit gurunya kerana fokus melazimi pengajiannya bersama Al-Imam Asy-Syafi’i. Dan beliau telah melazimi perguruan bersama Al-Imam Asy-Syafi’i selama 20 tahun lamanya. Bahkan beliau turut disebut sebagai penerus kepada mazhab Al-Imam Asy-Syafi’i.

Al-Imam Asy-Syafi’i rahimahullah pernah mengatakan:

الْمُزَنِى نَاصِرُ مَذْهَبِى

“Al-Muzani adalah penolong (pembela) mazhabku.” (Siyar A’lam An-Nubalaa’, 12/493)

Bahkan Imam Asy-Syafi’i-lah yang menyarankan dan mendorong Imam Al-Muzani agar menekuni ilmu fiqh. Suatu hari Imam Asy-Syafi’i berkata kepada Al-Muzani:

فَهَلْ لَكَ فِى عِلْمٍ إِنْ أَصَبْتَ فِيْهِ أُجِرْتَ وَإِنْ أَخْطَأْتَ لَمْ تَأْثَمْ قلت: وما هو؟ قال: الفقه. فلزَمْه، فتعلمت منه الفقه، ودرست عليه.

“Bukankah sebaiknya engkau pelajari ilmu yang jika engkau benar maka engkau mendapat pahala, dan jika engkau salah (dalam berijtihad) maka engkau tidak berdosa?”

Al-Muzani bertanya, “Ilmu apa itu?” Asy-Syafi’i menjawab, “Ilmu fiqh.” Sejak saat itu, Al-Muzani pun melazimi Asy-Syafi’i (berguru dengannya), belajar fiqh secara komited kepada Imam Asy-Syafi’i.” (Tajuddin As-Subki, Thabaqat Asy-Syafi’iyyah Al-Kubra, 2/98)

Al-Imam Ibnu ‘Abdil Bar rahimahullah (Wafat: 463H) mengatakan:

“Al-Muzani adalah sahabat Imam Asy-Syafi’i yang paling berilmu, kecerdasan dan pemahamannya sangat teliti, kitab-kitab dan ringkasan-ringkasan karyanya tersebar di seluruh penjuru bumi sama ada di timur mahupun barat. Beliau adalah seorang yang bertaqwa, wara’, dan beragama. Sangat penyabar dalam berdepan keadaan yang sedikit dan kekurangan.”

Demikian secara ringkas tentang beliau. Kedudukan Al-Muzani di kalangan ulama dengan keilmuannya, keutamaannya, ibadahnya, wara’ dan zuhudnya, semua itu termasuk perkara yang dimaklumi dan makruf.

[2] Asal perkara dan peristiwa yang melatar-belakangi penulisan risalah Syarhus Sunnah karya Al-Imam Al-Muzani ini adalah seperti berikut serba ringkasanya:

“Sekelompok orang berkumpul dan memperkatakan tentang para ulama ahlus sunnah di antaranya Imam Malik, Asy-Syafi’i, Sufyan Ats-Tsauri, dan yang lain-lainnya sehingga kemudian menyentuh tentang Al-Muzani.

Salah seorang dari mereka menyangkal bahawa Al-Muzani adalah termasuk Ulama dari kalangan ahlus sunnah. Ini kerana (menurut si penyangkal), Al-Muzani memiliki pemahaman yang menyimpang tentang taqdir dan bahawasanya Al-Muzani suka berdebat dengan menggunakan qiyas. Maka salah seorang yang hadir di majlis tersebut kemudian mengirim surat kepada Al-Imam Al-Muzani agar dituliskan tentang aqidahnya. Al-Muzani pun kemudian membalas surat tersebut bersama dengan risalah Syarhus Sunnah ini.”

Kehadiran risalah ini sangatlah penting bagi kaum muslimin dan muslimat, terkhusus untuk kita yang berada pada suatu masa di mana pelbagai kerancuan (syubhat dan kesamaran) pemikiran membadai di sana sini. Di mana kita menyaksikan pelbagai ucapan, perbuatan, dan ritual-ritual yang tidak bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah.

InsyaAllah dengan kehadiran risalah ini, ia akan membantu dalam memberi penerangan dan penegasan tentang asas-asas prinsip beragama kepada seluruh lapisan umat Islam yang masih mementingkan kemurniaan aqidah dan keimanannya, adakah sama sebagaimana yang dibawa oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam yang kemudiannya dianut oleh para sahabat dan pengikut para sahabat ridhwanullaahu ‘alaihim ajma’ain, para imam mazhab dan ahlul hadis, sekaligus Al-Imam Al-Muzani ini sebagai salah seorang pendukungnya.

[3] Untuk mendapatkan huraian dan perincian setiap point yang digariskan oleh Al-Imam Al-Muzani dalam risalahnya ini, kami menganjurkan agar para pembaca mendapatkan rakaman daurah khas perbahasan risalah ini oleh Al-Ustadz Dzulqarnain hafidzahullah. Boleh diperolehi di sini: http://atsar.ilmusunnah.com/index.php?route=product/product&filter_name=muzani&product_id=858

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest